Monday, May 14, 2007

PD. API BIRU

TIA MUTIA ROSA
NPM. 04.073

PD.Api Biru adalah suatu PD perseorangan yang memproduksi kompor minyak dengan mutu yang baik. Pemilik PD.Api Biru ini adalah Bapak Sutarna yang lahir pada tahun 1967 di kota Karawang. Walaupun Bpk. Sutrarna tidak pernah menikmati dunia pendidikan namun dengan keahliannya dalam membuat kompor minyak Bpk. Sutarna mampu mendirikan usaha untuk menghidupi keluarganya dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.
Keahlian membuat kompor minyak ini diperoleh pada saat Bpk. Sutarna bekerja pada PD kompor minyak milik orang lain. Setelah Bpk. Sutarna menguasai keahlian ini, beliau mencoba membuka usaha sendiri pada tahun 1992, yang berlokasi di desa Babakan Brondong kelurahan Adiarsa TimurRw.16 Rt.02 No.52. Dengan modal awal yang sangat kecil sebesar 5 juta yang ia peroleh dari peminjaman BRI, pada awalnya ia membuka usaha ini hanya dengan 3 orang karyawan. Dengan kegigihan dan keyakinan Bpk. Sutarna akhirnya PD.Api Biru mulai berkembang secara bertahap. Sekarang PD. Api Biru memiliki 12 orang karyawan. PD. Api Biru telah memiliki legalitas usaha dengan Izin Tempat Usaha No : 503/219/Trantib.
Bpk. Sutarna menjual hasil produksinya ke beberapa pasar di kota Karawang. Pasar-pasar yang menjadi sasaran pemasaran adalah :
1. Pasar Johar
2. Pasaar Cikarang
3. Pasar Dengklok
4. Pasar Wadas
5. Pasar Cikampek
6. Pasar Cilamaya
Kompor minyak hasil produksi PD. Api Biru memiliki ciri khas tersendiri yaitu berwarna hijau dan berbentuk bulat. Selain itu kompor minyak Api Biru memiliki keunggulan dari kompor minyak lainnya yaitu bahan yang di gunakan untuk membuat kompor minyak Api Biru yang berkualitas sehingga kompor tidak mudah bocor.
Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk memproduksi kompor minyak Api Biru adalah :
1. Seng
2. Besi
3. Paku
4. Cat
5. Bensin
6. Dempul
Dan peralatan-peralatn yang di gunakan adalah :
1. Alat Press
2. Mesin Roll
3. Alat Pon
4. Compresor
5. Gunting Seng
Selain memproduksi kompor Minyak ini Bpk. Sutarna bereksperimen untuk menciptakan kompor yang dapat di gunakan tanpa bahan bakar minyak tanah melainkan menggunakan dedak. Dan hal ini Sangat menarik perhatian Pemda Karawang, sehingga Bpk. Sutarna dipercaya oleh Pemda Karawang untuk memproduksi kompor tersebut yang kemudian akan di
pasarkan ke daerah-daerah yang masih langka untuk memperoleh minyak tanah. Dengan demikian kompor ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya.
Keberhasilan yang telah diraih oleh Bpk. Sutarna merupakan suatu bukti bahwa kegigihan dan kemauan yang keras dapat diperoleh suatu keberhasilan.

No comments: