Friday, May 4, 2007

Analisis Peluang Bisnis E-Book Online

Budi Rismayadi, SE
Matakuliah Ekonomi Manajerial, 2007

Permintaan tertinggi untuk produk informasi teknologi online salah satunya adalah penjualan untuk e-book (buku elektronik), dari beberapa situs terkenal di internet hampir lebih dari 50 persen menawarkan e-book untuk semua jenis kegiatan bisnis. tampaknya bisnis ini pernah mencapai puncaknya pada tahun 2000-an dimana salah satu situs memperoleh keuntungan lebih dari 1,2 juta dollar dalam setiap tahunnya dari penjualan e-book.

Strategi pemasaran e-book bervariasi, beberapa marketer online menawarkan dengan metode multilevel marketing dan market online dengan lebih banyak menawarkan e-book secara kontinue, setiap produsen e-book mendapatkan sedikitnya 25% royalti yang berhak di terima dari setiap e-book yang terjual, dengan demikian jika kita asumsikan satu buah e-book dijual dengan harga minimal Rp. 50.000 dan dalam satu tahun terjual lebih dari 1000 buah e-book maka keuntungan yang dapat diperoleh selama satu tahun berkisar antara Rp. 12,500,000 tanpa harus susah payah menawarkan e-book tersebut karena internet menyediakan layanan 24 jam non-stop untuk penawaran.

Membuat dan memproduksi e-book hanya bermodalkan keahlian dalam menggunakan komputer, selain itu pembelian software dan berbagai fasilitas penunjang yang tidak menghabiskan biaya besar, meskipun demikian bukan berarti tidak ada biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap produsen karena mereka harus mempublikasikan e-book yang dimilikinya dan bekerjasama dengan situs yang khusus menawarkan produknya. analisis biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap penjualan e-book dapat anda ketahui dengan mulai bergabung dengan salah satu situs yang membuka bisnis tersebut. contohnya jika kita ingin menawarkan e-book secara online, maka setiap orang harus mendaftar sebagai member dengan membeli produk e-book, untuk kemudian setiap admin situs tersebut akan menyebarkan nama anda ke seluruh situs untuk mencari calon pembeli secara online dan kita tinggal menunggu hasil dari penjualan e-book tersebut.

Bisnis ini memang terlihat mudah, namun demikian kita di tuntut untuk terus menerus mengikuti perkembangan dan informasi yang ada sehingga bisnis yang kita bangun dapat tetap bertahan dan terus berkembang.

Ebook memang menjadi andalan penjualan produk secara online, selain mudah biaya yang dikeluarkanpun relatif murah, jadi wajar saja jika kemudian bisnis penjualan ebook mengalami peningkatan terus setiap tahunnya.

Sumber :
anda dapat mengunjungi situs berikut untuk mendapatkan e-book
http://www.ebooks.com
http://www.ebookmall.com
http://pakdenono.com
http://www.jasakom.com
serta alamat situs lainnya, selengkapnya anda dapat menggunakan kolom pencarian dalam google untuk informasi ebook

No comments: